Sobat Bloggerku

Jumat, 29 Juli 2011

Amalan Dibulan Suci Ramadhan


Bulan Ramadhan Adalah Bulan yang sangat Mulia yang dimana Semua Amal Perbuatan Manusia Akan dilipat gandakan Oleh Allah SWT, Ramadhan adalah SayyiduSyaru...
Sebagai Seorang hamba Kita hendaknya Selalu Interospeksi Diri.. Sudahkah kita menyiapkan diri untuk menyambut Bulan Suci Ini..... Tinggal beberapa Hari lagi Tamu Agung Kita Akan datang.
Oleh karnanya Kang Hasbull mengajak pengunjung Blog untuk sedikit Tafakkur akan dosa-dosa apa yang telah kita perbuat selama setahun ini..... Bulan Ramadhan Adalah bulan Maghfiroh... Disinilah kesempatan Kita Untuk Menangis dihadapan Allah SWT untuk memohon Maghfiroh dan RidloNya....
Banyak sekali Amalan2 yang dapat kita lakukan dibulan Suci Ramadhan diantaranya Dibawah Ini :
1.     Kalaw orang jawa mengatakan Bales dendam. Pas buka Apa ajda Masuk. Padahal itu sangat berbahaya, yang jellas dampak yang lebih dekat adalah Pas terawih pasti ngantuk Membaca Al-Quran. 

2.    Membaca Alqur’an dibulan Suci ini sungguh besar pahalanya jika kita membacanya dengan ikhlas dan penuh dengan harapan ridlo allah SWT. Jangan sampai kita membaca Alqur’an ini ada niatan karna ingin didengar tetangga,temen,pacar,mertua,dl. Masya Allah jika kita lakukan hal ini Niscaya kita hanyalah Mendapat Capek dan Kesel Doang.

3.    Menahan hawa nafsu dan kesenangan duniawi.
Menahan Nafsu adalah hal yang paling sulit kita lakukan! Diantaranya kita Nggak boleh berlebihan ketika makan sahur dan Berbuka. dan terasa berat sekali.
Karna nabi juga telah menjelaskan “Tidak ada perkara yang lebih buruk dari pada memenuhi isi perut dengan makanan secara berlebihan”, Ruh puasa terletak pada memperlemah syahwat, mengurangi keinginan dan mengekang nafsu.
4.    Sholat terawih
Banyak orang yang mempermasalahkan tentang Rakaat sholat terawih. Sebenarnya hal itu tidak pantas untuk diperdebatkan, karna memang Rosul sendiri pernah menjalankan 8 rakaat. Dan untuk yang 21 juga tidak boleh mempermasalahkan yang 8 rakaat. Rosul menjalankan 8 rakaat itu Memang Rosul khawatir nantinya Sholat Terawih bisa menjadi Suatu kewajiban untuk umatnya, makanya rosul menjalankan sholat terawih hanya 8 rakaat secara berjamaah dan itupun hanya beberapa hari saja,karna rosul takut nanti bisa mejadi wajib. Dan untuk yang 21 Rakaat ini juga Dibenarkan karna memang Ini adalah Itba’ Shohabat. Dan Shohabat jika menjalankan suatu perkara pasti sudah di ketahui kebenarannya. Maka jika ada orang yang bertanya Siapakah yang salah dalam Hal Ini? “ yang salah adalahOrang yang gag Sembahyang terawih......Wallahu A’lam Bishowab.
5.    Qiyamullail(Tahajjud).
Disamping Solat Tarawih hukumnya sunat menurut kesepakatan para ulama juga disunatkan untuk mengkhatamkan Alquran selama solat Tarawih. Hadits-hadits yang menerangkan tentang Qiyamullail adalah : Sabda Rasulullah Saw : “Barang siapa menghidupan malam Ramadhan dengan penuh keimanan dan harapan mendapatkan ridho Allah Swt semata, niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lampau.
6.    Berlomba-lombadalambersedekah.
Hendaknya berusaha untuk selalu memberikan ifthar (berbuka) bagi mereka yang berpuasa walaupun hanya seteguk air ataupun sebutir korma sebagaimana sabda Rasulullah yang berbunyi : “Barang siapa yang memberi ifthar (untuk berbuka) orang orang yang berpuasa maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tanpa dikurangi sedikitpun.” (Bukhari Muslim). Dan jika kita memberikan makan Berbuka pada orang lain maka kita juga mendapatkan pahala seperti orang yang puasa itu juga.

7.    5. I’tikaf di Sepuluh hari Terakhir Bulan Ramadhan.
sebenarnya tidak hanya 10 hari saja namun lebih baiknya sebulan penuh jika kita mampu, Dan jika kit atidak mampu setidaknya I’tikaf di sepuluh terakhir bulan Ramadhan itu merupakan penyempurna ibadah puasa. Ini karena I’tikaf artinya mengkonsentrasikan diri menghadap Allah, mendekatkan diri kepada-Nya dan menyibukkan diri dengan beribadah kepada-Nya. Hingga kecintaannya semata hanya kepada Allah, mengalahkan kecintaannya kepada selain Allah. Inilah tujuan I’tikaf di hari-hari terakhir bulan Ramadhan, hari yang paling utama selama bulan tersebut. Sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan merupakan keutamaan yang dipilih oleh Allah Swt.


8.    MenjauhiLaranganAgama.
Hal yang perlu diperhatikan oleh seorang mukmin adalah menjaga lisan dari mengguncing dalam keadaan berpuasa sebagaimana :”Barang siapa tidak meninggalkan perkataan dusta dan ghibah maka tiada artinya di sisi Allah baginya berpuasa dari makan dan minum” (HR: Bukhari)
Dan sebenarnya Masih banyak lagi Amalan2 lain yang dapat kita lakukan di Bulan Suci ini.
Semoga Amal ibadah puasa Kita diterima Allah.
Wallahu A’lam Bishowab Alfatihah ....

0 komentar:

By Kang Hasbull
Template by : kendhin x-template.blogspot.com Modifikasi By : Kang Hasbull